YAYASAN BEASISWA JAKARTA
Rubrik : Artikel
GUBERNUR PROVINSI DKI JAKARTA SERAHKAN BEASISWA KEPADA SISWA/MAHASISWA KURANG MAMPU DAN BERPRESTASI SERTA PERAIH MEDALI PADA EVENT NASIONAL/INTERNASIONAL
2012-02-27 17:07:06 - by : admin


Gubernur Provinsi DKI Jakarta, H. Fauzi Bowo pada tanggal 23 Februari 2012 di Gelanggang Mahasiswa Sumantri Brojonegoro Jakarta Selatan serahkan bantuan beasiswa secara simbolis kepada siswa/mahasiswa kurang mampu dan berprestasi serta peraih medali pada event nasional/internasional bidang olah raga, seni, sains yang dihadiri oleh -/+ 2000 siswa/mahasiswa.


Ketua Umum Yayasan Beasiswa Jakarta Dr. H. Margani M. Mustar, MSc dalam laporannya menyampaikan bahwa pemberian beasiswa bagi siswa/mahasiswa tidak mampu namun berprestasi bertujuan mendorong motivasi untuk meningkatkan prestasi, semangat belajar dan menghindari drop out. Bagi peraih prestasi Nasional/internasional sebagai motivasi dan apresiasi karena membawa baik nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedangkan bantuan penulisan thesis/disertasi bagi mahasiswa program pasca sarjana untuk peningkatan mutu pendidikan dan sumbangsih bagi pembangunan kota Jakarta.


Bantuan beasiswa yang diberikan pada tahun pelajaran 2011/2012 adalah :


Jumlah :


Siswa SMA     2823 orang                Rp. 4.234.500.000,-
Siswa SMK     4250 orang                Rp. 6.375.000.000,-
Siswa MA       2007 orang                Rp. 3.010.500.000,-
Mahasiswa     1751 orang                Rp. 3.677.100.000,-




Per penerima :


Siswa (SMA/SMK/MA) per orang mendapatkan  Rp. 1.500.000,-
Mahasiswa per orang mendapatkan                Rp. 2.100.000,-
Siswa/Mahasiswa peraih medali  261 orang      Rp. 753.500.000,-
Bantuan penulisan skripsi (S1)      302 orang   Rp. 604.000.000,-
Bantuan penulisan thesis/disertasi 55 orang     Rp. 391.500.000,-


Total dana yang diberikan adalah Rp. 19.046.000.000,- untuk 11.499 siswa/mahasiswa


Dalam sambutannya Gubernur Provinsi DKI Jakarta menyampaikan bangga dan bersyukur bahwa kualitas pendidikan di DKI Jakarta semakin meningkat dari tahun sebelumnya dan meningkatnya angka partisipasi kasar, sehingga indeks pembangunan manusia di DKI Jakarta tetap bertahan di posisi terbaik di Indonesia dan bahkan UNDP telah memasukkan Jakarta sejajar bersama kota dunia lainnya seperti Rio De Janeiro, Beijing, Guang Dong, dan Kuala Lumpur.



Menghadapi tantangan global yang semakin berat dibutuhkan generasi muda yang berkualitas yang siap bersaing dalam berbagai dimensi kehidupan. Pendidikan berkualitas adalah kata kunci terciptanya generasi muda ibukota yang mandiri, cerdas, berkepribadian, bermartabat, memiliki mental dan karakter bangsa serta rasa percaya diri tinggi, sehingga siap dan mampu menghadapi tantangan yang semakin berat dimasa yang akan dating. Untuk itu alokasi dana APBD untuk bidang pendidikan setiap tahun semakin meningkat.


Untuk itu dengan tegas Gubernur mengatakan mulai tahun 2012 ini tidak mau lagi mendengar adanya informasi masih ada warga DKI yang dalam usia sekolah tidak bersekolah karena tidak mampu. Bahkan mulai tahun pelajaran 2012/2013 yang akan datang Insya Allah wajib belajar 12 Tahun akan diberlakukan di DKI Jakarta. Sekaligus dana bantuan beasiswa yang dikelola Yayasan Beasiswa Jakarta agar ditingkatkan jumlahnya.


 


Sebelum mengakhiri sambutannya Gubernur menyampaikan beberapa pesan :


Kepada unit terkait dan Yayasan Beasiswa Jakarta agar dapat mengembangkan jejaring kerjasama yang lebih kuat dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta.
Kepada siswa/mahasiswa penerima beasiswa agar memanfaatkan sebaik-baiknya dana beasiswa untuk kepentingan pendidikan sekaligus memotivasi semangat dalam meraih prestasi yang lebih baik.
Perlu adanya sinkronisasi antar lembaga Pemerintah/Swata pemberi beasiswa dalam suatu kerjasama yang berbentuk join manajemen sehingga dapat meningkatkan kuantitas penerima beasiswa, tidak duplikasi, dan memberikan akses yang mudah kepada masyarakat yang membutuhkan.



YAYASAN BEASISWA JAKARTA : http://www.beasiswajakarta.com/
Versi Online : http://www.beasiswajakarta.com//article/32/gubernur-provinsi-dki-jakarta-serahkan-beasiswa-kepada-siswamahasiswa-kurang-mampu-dan-berprestasi-serta-peraih-medali-pada-event-nasionalinternasional.html